Selasa, 22 Maret 2011

THE DEPARTED




Leonardo DiCaprio memerankan tkoh William "Billy" Costigan Jr, seorang Trooper Negara sedang menyamar menjadi salah satu anak buah Costello.,Matt Damon sebagai Colin Sullivan Sersan detektif sekaligus menjadi informan Costello di Unit Penyelidikan Khusus, Jack Nicholson sebagai Francis "Frank" Costello, bos sadis dari Irlandia massa Boston.

Mark Wahlberg sebagai Staf Sersan Sean Dignam, kedua perintah unit menyamar, Martin Sheen sebagai Kapten Oliver Charles Queenan Komandan unit menyamar. Vera Farmiga sebagai Dr Madolyn Madden, psikiater kerja dan pacar baik Costigan dan Sullivan. Ray Winstone sebagai Arnold "Frenchy" Perancis, Costello consigliere. 

Alec Baldwin sebagai George Ellerby Kapten, Komandan SIU tersebut, Anthony Anderson sebagai Trooper Brown, anggota SIU dan Teman-teman sekelas Costigan di Akademi MSP., James Badge Dale sebagai Trooper Barrigan, anggota SIU itu, itu teman sekelas Sullivan di akademi dan lainnya informan Costello, David O'Hara sebagai "Fitzy" Fitzgibbons, salah satu's penegak Costello, Mark Rolston sebagai Timotius Delahunt, salah satu's penegak Costello dan lain Agen Undercover, Kevin Corrigan sebagai Sean Costigan, sepupu Billy, Robert Wahlberg sebagai Agen FBI Frank Khusus Lazio, FBI penghubung untuk SIU tersebut, Kristen Dalton sebagai Gwen Costello, istri pecandu obat-Frank, Conor Donovan sebagai Colin Sullivan muda di awal film.




SINOPSIS

Pada usia muda, Colin Sullivan ( Damon ) diperkenalkan untuk kejahatan terorganisir melalui mobster Frank Costello Irlandia ( Nicholson) dan “ The Departed “ bersetting di Irlandia Boston Selatan . Costello melatih dia untuk menjadi matan – mata nya di dalam Massachusetts Kepolisian Negara.Sullivan diterima ke dalam Unit Investigasi Khusus , yang berfokus pada kejahatan terorganisir. Sebelum ia lulusan dari Akademi Kepolisian , Billy Costigan ( DiCaprio ) diminta oleh Kapten Oliver Queenan ( Sheen ) dan Sersan Sean Dignam ( Wahlberg ) untuk menjadi Agen Undercover, sebagai anak dan ikatan keluarga dengan kejahatan terorganisir membuatnya menjadi infiltran yang sempurna.

Dia sengaja tidak diluluskan dari Akademi dan di penjara atas tuduhan penyerangan palsu untuk meningkatkan kredibilitasnya sebagai seorang Kriminal dan ditugaskan untuk menyusup pada sindikat mafia yang dipimpin Costello (Jack Nicholson) dan Billy dengan cepat mendapat kepercayaan Costello.

Mereka masing-masing sibuk dengan peran gandanya, mengumpulkan informasi tentang rencana dan pelaksanaannya. Namun keadaan semakin jelas baik bagi penjahat maupun polisi bahwa ada kejanggalan diantara mereka, Billy dan Colin terancam tertangkap dan penyamarannya terbongkar.

Analisa (Permasalahan) Film “ Departed “

Pada film ini terjadi berbagai konflik, diawali dengam mulainya tercium penyamaran yang dilakukan Billy dan Collin yang tercium oleh Costello dan pihak kepolisian bahwa anak buah Costello ataupun polisi ada yang menjadi mata-matadan masing-masing ingin mengungkapkan identitas diri lawanya, dan disini juga terjadi cinta segitiga antara Billy, Collin dan psikiater kepolisian Dr. Madolyn Madden, dalam film ini Madolyn menjadi psikiater Billy sekaligus dia menjadi pacar Collin, Billy menceritakan semua masalahnya pada Madolyn termasuk mengenai penyamarannya sebagai mata-mata polisi.

Keadaan semakim memburuk saat atasan mereka masing-masing mulai mencium adanya mata-mata diantara mereka dan disini Billy meminta pada Kapten Queenan untuk berhenti dalam tugasnya, karena Billy merasa bahwa penyamarannya akan segera terbongkar, namun sayang ketika itu Letnan yang mengetahui identitas Billy itu meninggal tertembak oleh anak buah Costello, padahal yang mengetahui identitas Billy yang sebenarnya hanya Kapten Queenan dan Sersan Sean Dignam. Tidak hanya Billy yang merasa khawatir akan penyamarannya tapi Collin pun sama, lalu dia mulai mencari mata-mata dari kepolisian yang menyamar jadi anak buah Costello, begitupun Billy, setelah penyamaran mereka terbongkar mereka sama-sama terbunuh, Billy di bunuh oleh anak buah Costello yang menyamar menjadi polisi juga dan yang menembak mati Billy di bunuh oleh Collin dan setelah itu Collin di bunuh oleh Sersan Sean Dignam

Yang terkait dengan Kode Etik

Di dalam film ini kita bisa melihat pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Colin, dimana dia ternyata telah menjadi mata-mata di kepolisian dan secara diam-diam dia menggunakan profesinya untuk melancarkan kejahatan yang dilakukan oleh ayah angkatnya Costello. Dia juga tanpa izin, menghapus berkas identitas milik Billy dari kepolisian.

Dan disinipun adalanya pelanggaran “ Kode Etik Psikologi ” yang dilakukan oleh Dr. Madolyn Madden yang menjadi Psikiater kepolisian dan sebagai konsultan bagi Billy pelanggaran yang terjadi disini ialah adanya hubungan emosional antara Dr Madolyn Madden dan Billy, yang seharusnya apabila sudah ada hubungan emosional seharusnya yang dilakukan Dr Madolyn Madden adalah menyerahkan kliennya pada psikiater yang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar